Pages

Tips menjadi CS yang baik - Customer Jago Closing

 

Tips menjadi customer servis yang baik

Customer servis atau CS mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita.

Tim customer service atau CS merupakan garda depan perusahaan dalam upaya mengelola hubungan dengan pelanggan.

Tanpa kinerja mereka, perusahaan akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dan meningkatkan kualitas customer experience.

Walaupun demikian, menjadi pekerja customer service (CS) bukanlah perkara yang mudah. Kesalahan kecil saja bisa memengaruhi pengalaman para pelanggan.

Lalu bagaimana tips menjadi customer servis yang baik ? Simak selengkapnya tips berikut ini!

• Harus tanggap pada semua telepon masuk.

Cepat tanggap dengan telepon masuk adalah salah satu hal terpenting dalam dunia customer service.

Mengapa demikian? Pasalnya, pelanggan dari seluruh sektor industri akan selalu menginginkan solusi yang cepat atas permasalahan mereka.

Tak hanya itu, kamu juga tidak akan pernah tahu kesempatan atau kabar penting apa yang akan disampaikan oleh si penelpon.

Bila kamu tidak mengangkatnya, bagaimana cara perusahaan untuk memahami kebutuhan dan masalah yang dirasakan pelanggan?

• Menggunakan bahasa yang sopan

Tips kedua supaya kamu bisa menjadi petugas customer service yang mumpuni adalah untuk membiasakan diri dengan bahasa yang sopan dan positif.

Sekalipun harus ada pernyataan yang bertolak belakang dengan ekspektasi customer, kamu harus belajar untuk menggunakan kosakata yang lembut agar dapat lebih terdengar positif.

Misalnya, jika perusahaan tidak bisa memberikan refund pembelian, jangan langsung menolak permintaan customer secara mentah-mentah.

Justru kamu bisa menginformasikan mereka dengan tutur kata yang sopan seperti berikut ini:

“Mohon maaf Ibu/Bapak, untuk barang ini tidak bisa dilakukan refund dalam bentuk uang. Namun, jika ingin melakukan penukaran untuk barang dengan harga yang serupa, dengan senang hati saya akan membantu Ibu/Bapak.”

Biasanya, customer akan lebih berbesar hati bila ditawarkan opsi lain dengan penjelasan yang lembut dan sopan.

BACA JUGA : Tips Jitu Jualan Online

• Jangan mengumbar janji yang tidak bisa ditepati

Kesalahan yang sering dilakukan oleh customer service adalah memberikan harapan palsu bagi para pelanggan dengan menyampaikan info yang salah.

Jika kamu ada di posisi perusahaan, sebaiknya lebih berhati-hati saat memberi konfirmasi pada pelanggan

Jangan menjanjikan layanan yang belum tentu bisa disediakan hanya supaya pelanggan berhenti mengeluh.

Selain nama besar perusahaan, reputasi kamu di hadapan pimpinan juga bisa tercoreng jika pelanggan merasa dibohongi dengan info dari customer service.

• Memiliki product knowledge

Tips selanjutnya supaya kamu bisa menjadi customer service yang baik adalah untuk memiliki product knowledge yang mumpuni.

Seperti yang sudah Glints paparkan, customer service dikenal sebagai pemain depan dalam upaya memenuhi kebutuhan pelanggan.

Maka dari itu, sebelum mereka diarahkan ke tahap berikutnya, pelanggan akan dilayani lebih dulu oleh tim customer service terkait sosialisasi produk perusahaan.

jika tim customer service bisa meyakinkan pelanggan dengan pemaparan produk yang baik, akan lebih mudah bagi tim sales untuk melakukan pendekatan kepada pihak pelanggan.

Cara untuk meningkatkan product knowledge sendiri biasanya adalah dengan pelatihan dan simulasi langsung.

BACA JUGA : Jadi Selebgram Dan Dapatkan Endorse Dari Partner Bisnis 

• Mampu menerima aduan dengan lapang dada

Hampir tidak mungkin kalau customer service tidak menghadapi keluhan di setiap komunikasi dengan pelanggan.

Bahkan, sering kali tim customer service menerima amarah dari pihak customer yang sudah jera dengan masalahnya.

Meskipun demikian, aduan dari pelanggan adalah salah satu risiko kerja customer service yang sangat lumrah, dan bahkan biasa dialami oleh supervisor ataupun manajer di bidang customer care.

Itulah mengapa tips selanjutnya untuk menjadi customer service yang andal dengan menjadi seseorang yang penyabar.

Kamu perlu berdamai dengan situasi dan risiko kerja ini. Setiap aduan dan komplain yang masuk harus ditanggapi dengan kepala dingin agar kamu juga bisa lebih tenang dalam menerima tiap komplain.

 

Bekerja di bidang customer service mendorongmu untuk menjadi sosok pendengar yang baik. Entah itu keluhan ataupun apresiasi kinerja, kamu harus siap mendengar semua ucapan dari mulu pelanggan.

 

Sikap empati sangatlah dibutuhkan dalam dunia customer service. Maka dari itu, pastikan dulu kamu sudah memiliki kualifikasi tersebut sebelum daftar di bidang ini.

• Berikan bantuan sewajarnya

Tips berikutnya yang harus kamu kuasai jika ingin menjadi sosok customer service yang baik adalah dengan memberikan bantuan yang sewajarnya.

Ada kalanya, kamu harus mau memberi bantuan sekalipun pelanggan mungkin tidak terlalu membutuhkan.

Lalu, ada saatnya juga di mana kamu akan merasa bahwa sang pelanggan akan mengapresiasi bantuan tambahan yang kamu tawarkan.

Kendati demikian, sebaiknya kamu jauhkan pemikiran tersebut. Pasalnya, pelanggan tidak membutuhkan bantuan lebih dari pihak customer service.

Setiap divisi dalam perusahaan memiliki tanggung jawabnya sendiri agar pelanggan memiliki pengalaman yang baik dengan perusahaan.

Nah, tugas utamamu sebagai customer service adalah untuk membantu memecahkan masalah pelanggan dengan secukupnya.

• Dapat memahami kebutuhan pelanggan

Ada beberapa customer service yang tidak bertemu muka langsung dengan pelanggan.

Lalu, seperti yang sudah Glints sebutkan di tips-tips sebelumnya, banyak dari mereka yang mendapat aduan lewat telepon atau email yang lebih mudah diakses pelanggan.

Hasilnya, kebanyakan petugas customer service yang merasa kesulitan untuk benar-benar memahami kebutuhan para pelanggan.

Maka dari itu, tips selanjutnya untuk menjadi customer service yang mumpuni adalah untuk belajar memahami kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.

Lamu perlu melatih kepekaan supaya mampu membaca tipe-tipe customer dengan berbagai aduan yang datang.

Proses personalisasi teks dengan berbagai intonasi yang memungkinkan perlu kamu pelajari secara bertahap agar bisa lebih mudah memahami keluhan customer tersebut.

• Goal-oriented

Tidak jarang petugas customer service terlihat setengah hati dalam bekerja atau pada saat melayani customer yang datang.

Bisa jadi karena mereka tidak mendapat penjelasan dari pimpinannya tentang hal yang ingin dicapai dari deskripsi kerja yang diberikan.

Meskipun demikian, ada juga customer service yang memang kurang mencintai pekerjaannya.

Nah, supaya performa bisa maksimal di bidang ini, pastikan kamu benar-benar menyukai dunia customer service dan memiliki jiwa goal-oriented yang tinggi.

Biasanya, kamu akan menemukan jawaban yang tepat tentang tujuan dari pekerjaanmu bila menjadi seseorang yang goal-oriented.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjadi customer servis yang baik. Semoga bermanfaat!

 

 

Cari juga :

kalimat customer service gaji

customer service

strategi customer service

cara menjadi customer service online

cara berbicara customer service

cara menjadi customer service bank

tugas customer service

contoh pelayanan customer service

cs

cs telkomsel

cs akulaku

cs bri

cs go

cs shopee

cs bca

cs indihome

cs indosat

cs adalah

Next Post Previous Post
Related Post
bisnis