Tips & Trik Promosi di Instagram dan Marketplace Paling Efektif 2022
Tips & Trik Promosi di Instagram dan Marketplace Paling Efektif
Dalam berbisnis, penjualan yang mengalami kenaikan dan penurunan adalah hal yang wajar.
Seringkali kita mendapatkan peningkatan jumlah penjualan yang bisa dikatakan sangat banyak, namun tidak jarang juga mengalami penurunan yang cukup drastis.
Dalam dunia bisnis hal tersebut dikatakan wajar dan bisa terjadi kapan saja.
Namun kita perlu melakukan berbagai cara agar sebisa mungkin penjualan mengalami peningkatan lebih banyak dibandingkan penurunannya.
Di dalam dunia bisnis juga terdapat cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan, yaitu dengan cara promosi.
Promosi merupakan salah satu cara yang bisa dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung/online yang bertujuan untuk memperkenalkan produk kita terhadap khalayak ramai dan mempengaruhi Mereka untuk mau membelinya.
Promosi cukup berpengaruh dalam hal berbisnis. Namun untuk bisa membuat promosi efektif yang menguntungkan ada beberapa tips yang harus kamu tau.
Apa saja tipsnya?
Berikut tips dan cara promosi yang efektif dan dapat meningkatkan penjualan!
1. Memberikan diskon / potongan harga
Salah satu cara untuk promosi dalam berjualan yaitu memberikan diskon atau potongan harga kepada konsumen.
Ini mungkin menjadi promosi yang sangat dicari dan digemari oleh banyak pembeli.
Karena adanya potongan harga dan diskon tentu akan membuat calon konsumen tertarik dan semakin memiliki tingkat ketertarikan terhadap produk kita.
Tidak jarang banyak produk yang penjualannya turun karena konsumen keberatan dalam harga.
Untuk itu, kamu bisa membuat promosi potongan harga dan diskon untuk bisa menarik calon konsumen untuk segera melakukan pembelian.
Promo potongan harga ini tidak harus setiap saat. Bisa kamu cantumkan saat ada event atau hari spesial seperti hari kemerdekaan, hari raya maupun hari istimewa lainnya.
Atau kamu juga bisa membuat potongan harga dengan harga coret, yaitu dengan menulis harga yang lebih tinggi kemudian menyandingkan nya dengan harga promo mu. Maka harga tersebut akan terlihat menarik dan membuat calon konsumen akhirnya tergiur untuk membeli
2.Free Ongkir/ Layanan Gratis Ongkir
Salah satu daya tarik toko online adalah adanya program gratis ongkir.
Biasanya pembeli akan sangat menyukai program ini karena bisa memesan produk dari mana saja tanpa dibebankan biaya kirim.
Bisa mendapatkan gratis ongkir ketika berbelanja merupakan salah satu hal yang paling disukai banyak pembeli saat ini.
Layanan gratis ongkir ini mungkin bisa mempengaruhi tingkat penjualan karena pembeli tidak harus menambah pengeluaran untuk jasa kirimnya.
3.Menawarkan cashback
Penawaran cashback cukup berpengaruh terhadap ketertarikan pembeli.
Dengan adanya cashback, calon konsumen pasti lebih tertarik karena saat mereka membeli produk kita, mereka bisa mendapatkan uang cashback yang bisa mereka gunakan lagi untuk keperluan lain.
Kamu bisa menggunakan tawaran cashback ini dengan hitungan persen atau bisa juga dengan syarat pembelian.
Seperti contohnya, dengan minimal pembelian diatas sekian rupiah customer bisa mendapatkan cashback hingga 30% setiap berbelanja.
Selain menambah minat, program cashback juga berpotensi menambah total belanja customer sebagai syarat mendapatkan cashback tersebut.
Maka penawaran cashback bisa menjadi alternatif untuk promosi penjualan.
4.Mengadakan flash sale (hitungan mundur)
Promosi yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian yang sering berbelanja online.
Flash sale biasanya ditawarkan dalam hitungan mundur. Tujuannya agak calon konsumen tau sisa waktu yang bisa mereka gunakan untuk mendapatkan barang yang sedang flash sale tersebut.
Biasanya dengan adanya hitungan mundur calon konsumen akan berpikir cepat sebelum kehabisan stok/waktu pada saat flash sale ditawarkan.
5. Beli 1 Gratis 1
Siapa sih yang tidak mau kalau ada tawaran beli 1 gratis 1?
Saya yakin, promosi kali ini akan sangat membantu dalam peningkatan penjualan. Karena dalam berjualan adanya promo beli 1 gratis 1 pasti akan dimanfaatkan dengan baik oleh calon konsumen.
Agar penjualan naik dan keuntungan tetap besar, kamu bisa menambah harga jual pada produk sebelum produk dipromosikan.
Jadi walaupun promo beli 1 gratis 1 kamu tetap mendapatkan untung dan penjualan mu juga naik drastis.
6. memberikan gift
Sebagai bentuk apresiasi terhadap para konsumen, sesekali perlu mengadakan pemberian gift sebagai promosi ditokomu.
Dengan adanya gift ini, customer pasti akan berpikir bahwa penjual sangat mengapresiasi produk yang mereka jual terhadap konsumen.
Pemberian gift ini bisa kamu selingi saat customer membeli produkmu.
Seperti contoh ketika customer membeli produk dengan jumlah tertentu kamu bisa memberikan gift tersebut, sehingga mereka merasa terkesan dan akhirnya mau membeli dilain waktu lagi.
7. Pengumpulan poin reward, repeat order, beli lagi dapat poin, bisa dituker dengan yang lain.
Bagi beberapa customer yang telah menjadi langganan, pengumpulan poin reward seperti ini pasti akan sangat membantu saat mereka hendak membeli lagi.
Poin-poin yang mereka kumpulkan bisa mereka gunakan saat mereka akan memesan produk mu lagi, sehingga mereka akan lebih sering dalam berbelanja dan menjadi langganan tetap ditokomu.
Hal ini juga bisa sebagai apresiasi karena mereka yang memiliki banyak poin pastilah yang paling sering repeat order produkmu.
Ketika poin mereka sudah banyak, mereka bisa menukarnya dengan produk lain sehingga meningkatkan minat berbelanja mereka dilain waktu.
8. membagikan voucher/kupon
Semua orang pasti suka yang namanya diskon/promosi ketika berbelanja.
Nah, untuk menarik banyak pembeli Anda bisa menghadirkan diskon/promosi di berbagai produk yang Anda jual lewat fitur ‘Voucher Toko’.
Voucher toko biasanya sangat dicari ketika konsumen hendak berbelanja. Karena dengan adanya voucher, ada potongan yang cukup membantu mereka dalam berbelanja.
9. Memberikan garansi
Setiap orang yang berbelanja pasti memiliki ketelitian terhadap produk yang akan mereka beli.
Hal ini karena dalam beberapa kasus, jika membeli barang tidak teliti mungkin akan merugikan diri sendiri. Apalagi jika berbelanja online tanpa kita bisa cek langsung barangnya.
Maka dengan adanya garansi, calon konsumen pasti lebih yakin dan percaya untuk membeli produk kita.
Adanya rasa percaya dan yakin pasti sangat mempengaruhi tingkat penjualan karena ketika mereka sudah yakin maka mereka tidak akan ragu lagi untuk kembali belanja di toko mu.
Garansi yang bisa kamu berikan seperti, garansi jika barang datang tidak sesuai dengan pesanan, atau saat terjadi kecacatan barang dan kerusakan.
10. Harga Grosir
Pada saat kita berbelanja dalam jumlah banyak, tentu kita mencari harga produk yang cukup terjangkau.
Apalagi jika kita membeli nya dengan jumlah yang cukup besar, maka sebagai penjual harus pintar dalam menentukan harga kepada konsumennya.
Seperti contohnya, jika ada yang mau membeli minimal berapa puluh produk maka bisa membelinya dengan harga tertentu atau harga grosir.
Saat mereka bisa mendapatkan harga yang terjangkau dan mereka anggap sesuai, maka mereka juga berani membeli lagi dengan jumlah banyak lain waktu.
Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam promosi produk mu secara efektif.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Post a Comment