Tips Membuat Konten Berkualitas dan Menarik Terbaru 2022 -
Tips Membuat Konten Berkualitas dan Menarik Memanfaatkan Trend Yang Sedang Ada
Konten yang viral biasanya ditandai dengan konten yang banyak dibicarakan dan dibagikan (shared) oleh banyak orang. Membuat konten di media sosial dengan topik yang trending, membuka peluang yang sangat besar bagi kamu untuk membuat konten tersebut menjadi viral. Tentunya hal ini dikarenakan para audiens (pembaca) selalu membutuhkan informasi yang sedang trending. Mereka akan terus mencari dan membicarakan konten yang kamu buat. Namun, perlu kamu ingat, topik trending yang kamu gunakan juga harus relevan dengan bisnis kamu. Misalnya bisnis kamu bergerak di bidang fashion. Maka gunakan topik yang sedang trend dalam dunia fashion.
Untuk menemukan topik yang sedang trend, kamu bisa menggunakan tool google trends.
Lalu apa saja tips untuk membuat konten yang bermanfaat dengan memanfaatkan trend?
1. Tutorial
Untuk memanfaatkan trend yang ada, kamu juga bisa membuat tutorial atau cara membuat sesuatu. Jika konteksnya tentang bisnis, maka bisa kamu tunjukkan tutorial bisnis tersebut dimulai dan bagaimana cara mengelola nya agar bisnis bisa berkembang dengan pesat.
2. Education atau pembelajaran
Selain ide bisnis, konten juga bisa berisi edukasi atau pembelajaran bagi audiens. Konten yang berisikan edukasi biasanya menunjukkan manfaat dan kegunaan dalam bermedia sosial. Hal ini biasanya berperan penting dalam trend yang biasanya tengah viral.
3. Sampaikan Pesan Yang Singkat dan Jelas
Cara membuat konten dengan menyampaikan pesan yang singkat dan jelas, sangatlah mempengaruhi minat para audien. Karena jika konten berisi hal yang mereka rasa tidak penting dan tidak jelas isinya maka pasti akan menurunkan minat dari audiens itu sendiri. Maka, dalam membuat konten, kamu perlu memperhatikan isi konten tersebut. Yang pasti isi konten harus jelas dan bisa dipahami oleh banyak orang. Karena jika konten bisa dengan mudah dipahami oleh audien maka konten bisa dengan mudah menjadi trend baru yang bisa meningkatkan jumlah peminat kontenmu.
Dalam konten tersebut juga harus mampu menyampaikan pesan yang singkat dan bermanfaat. Dengan begitu konten bisa menarik perhatian banyak audiens. Apabila kontenmu berisi tentang promosi bisnis maka kamu bisa menuliskan isi atau pesan singkat terkait bisnis yang tengah kamu jalani. Jelaskan secara singkat bagaimana bisnis mu dan mengapa mereka harus menaruh minat pada bisnis tersebut. Maka dengan begitu, Mereka akan lebih tertarik dan semakin ingin tahu lebih banyak tentang bisnis yang kamu kelola.
4. Gunakan Visual Yang Menarik
Dalam sebuah konten, visual menjadi hal perlu diperhatikan. Dengan adanya visual, konten akan terasa lebih hidup dan lebih menarik untuk dilihat. Visual yang biasanya menarik banyak perhatian seringkali menggunakan visual yang menarik dan tentunya tidak membosankan. Ketika konten berisi visual yang membosankan pasti konten tersebut tidak bisa bertahan lama. Kamu bisa menggunakan visual yang menarik untuk bisa membuat konten mu banyak diminati dan dicari oleh audien sehingga kontenmu bisa menjadi trend dan banyak disukai penonton.
Seperti contoh, konten yang berisi kan bisnis atau komersial kamu bisa menggunakan visual yang mampu menarik minat pasar dan bisa bersaing di tengah ramainya konten lain. Konten dengan visual yang menarik pasti lebih mudah menarik perhatian audiens sehingga bisa menjadi trend baru yang viral.
5. Ide Konten Untuk Promosi Bisnis
Produk Launching = pre launching (spoiler) & Launching . Salah satu tips yang satu ini sangat dibutuhkan dalam membuat konten. Sebelum konten dibuat, kamu harus menentukan terlebih dahulu ide konten tersebut. Jika konten yang kamu buat bertujuan untuk bisnis, maka kamu bisa membuat ide konten untuk promosi produk launching atau pre launching. Biasanya ide ini berisi tentang bagaimana cara promosi dalam launching bisnismu. Ketika ide ini berhasil kamu buat, maka kamu bisa memanfaatkan trend yang sedang viral untuk menaikan minat kontenmu.
6. Katalog
Katalog produk bisnis mu dalam konten juga perlu kamu buat. Tujuannya agar audiens dapat dengan mudah mengetahui apa saja yang ada didalam bisnis mu yang kamu buat dalam suatu konten. Katalog juga memudahkan audiens untuk bisa mengetahui isi konten tanpa harus berpikir terlalu banyak. Dengan begitu konten dapat dengan mudah dicerna dan dipahami oleh banyak orang.
7. Workspace tour
Tips yang satu ini bisa kamu lakukan untuk memperlihatkan kedekatan kamu dengan bisnis mu dalam konten yang kamu buat. Kamu bisa menunjukkan bagaimana bisnis yang kamu kelola dengan cara memperlihatkan setiap bagian bisnis dan menjelaskan dengan intens bagaimana bisnis kamu berjalan hingga sejauh ini. Kamu bisa melakukan nya dengan keliling ruang kerja. Menunjukkan ruang dan bagian bisnis pada masing-masing bidang yang dikelola. Tujuannya agar orang lebih dekat dengan bisnis kita yang bisa di tunjukan dengan cara inventori. Selain itu, spot kerja juga perlu kamu perlihatkan. Harapannya, dengan memanfaatkan trend yang ada, kamu bisa menunjukkan sisi positif bisnis mu yang dapat menambah tingkat kepercayaan audiens.
Hal lain seperti menunjukkan produk siap kirim juga bisa kamu perlihatkan dalam kontenmu. Dengan adanya bukti bahwa produk telah siap dikirim maka akan sangat mempengaruhi tingkat minat dari audiens itu sendiri.
8. Behind the scene
Untuk membangun tingkat kepercayaan dan kedekatan dengan audiens, kamu bisa tunjukkan behind the scene dari kontenmu yang berisikan bisnis yang kamu jalani. Seperti contohnya packaging produk atau pengemasan. Pada saat shiping packaging (digudang) biasanya berperan sebagai bukti bahwa produk yang kamu punya nyata dan bisa dengan mudah dicek keasliannya. Dengan begitu, audiens konten akan lebih percaya sehingga mereka mau membeli produk mu.
Untuk meningkatkan apresiasi terhadap konsumen, kamu bisa memberi hadiah kecil seperti stiker, atau kartu nama di dalam kemasan barang. Tujuannya agar konsumen bisa dengan mudah mengingat produk yang kita pasarkan. Ketika proses pengemasan dalam konten memperlihatkan adanya isi dari produk dan hadiah kecil tersebut, maka audiens pasti lebih tertarik dan akhirnya membeli produk yang kamu promosi kan.
9. Hastag
Hastag dalam sebuah konten sangat mempengaruhi tingkat pencarian. Dengan menuliskan hastag maka kontenmu akan lebih sering muncul dikolom pencarian audien. Tentunya hal ini bisa meningkatkan jumlah penonton kontenmu dan bisa juga meningkatkan angka minat produk bisnis mu. Perbanyak hastag dan cari tau apa saja tag yang sedang banyak dicari. Hastag yang sedang banyak dicari seringkali sedang trend bahkan viral akan Membuat kontenmu lebih sering dilihat. Konten yang berisikan bisnis akan mudah ditemukan sehingga para peminat bisnis mu lebih mudah ketika akan memesan.
10. Company profiel.
Company profiel atau profil perusahaan biasanya berisi penjelasan tentang perusahaan yang kamu kelola. Kamu bisa menuliskan profil perusahaan dikonten yang kamu buat. Tujuannya agar audiens bisa mengetahui bagaimana perusahaan mu bisa ada dan bagaimana bisnis mu berjalan hingga sekarang.
Company profiel seringkali menceritakan cerita sejarah perusahaan. Tentang bagaimana perusahaan tersebut berdiri dari dulu hingga sekarang.
11. Day In My Life
Day in my life atau biasa nya sering disebut rutinitas harian juga bisa kamu perlihatkan dikontenmu. Biasanya berisi kebiasaan dan rutinitas mu dan bisnis yang kamu kelola setiap harinya. Dengan menunjukkan sisi rutinitas ini, biasanya penonton konten atau audiens merasa lebih dekat dan intens kepada kita.
12. Meet the team
Setelah memperlihatkan rutinitas bisnis dan isi perusahaan, kamu bisa lebih memperkenalkan team yang kamu punya kepada penonton. Biasanya dengan adanya perkenalan ini, audien akan lebih tertarik sehingga lebih banyak ingin mengetahui tentang konten mu.
13. Promotion
Promosi untuk menyorot langsung ke konversi, entah itu pembelian, follow up, maupun berkunjung ke website.
Nah itu dia beberapa tips untuk membuat konten dengan memanfaatkan trend yang tengah viral. Kamu bisa membuat konten bisnis mu untuk bisa menarik perhatian dan minat dari calon konsumen dan audiens.
Dengan memanfaatkan trend ini, diharapkan bisnismu bisa lebih dikenal oleh masyarakat dan mampu bersaing dengan produk lain.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat!
Kata kunci :
Cara membuat konten youtube
Cara membuat konten
Cara buat konten youtube
Cara membuat konten youtube yang menarik
Tools untuk membuat dan mengedit konten desain
Cara buat konten menarik
Cara membuat konten di youtube untuk pemula
Cara membuat konten yang menghasilkan
Cara membuat konten yang mudah
Cara membuat konten youtube untuk pemula

Post a Comment