Pages

Cara Membangun Tim Esport, Ini Rahasia Agar Bisa Seperti Esport Besar.

Membangun Organisasi Tim Esport Agar Bisa Ditakuti


ESPORT merupakan sebuah pendekan dari elektronik sport. Esport sendiri di Indonesia mulai berkembang sekitar tahun 2000n dan mulai maju ketika tahun 2014'n. Esport sendiri banyak memiliki tim tim yang terbentuk. Ada yang sudah sangat terkenal seperti EVOS, RRQ, AURA, BTR, ONIC dan masih banyak tim esport besar. Selain Esport besar banyak juga tim esport yang saat ini mulai bermunculan dan sudah mulai dipertimbangkan sebagai lawan yang sepadan.

Untuk membentuk suatu tim esport tidak lah semudah membalikan telapak tangan, butuh waktu dan proses yang harus dilewati. Selain itu butuh pengorbanan yang di rasakan dalam pembuatan tim esport agar bisa terkenal dan besar sampai sekarang.  Ada juga tim esport yang saat ini mulai menurun hal itu banyak hal yang menyebabkannya.

Adapun langkah membuat tim esport agar bisa terkenal dan besar:

  • Goal/tujuan

Dalam suatu organisasi baik itu resmi atau tidak, haruslah memiliki suatu tujuan akhir yang ingin dicapai dari dibentuknya organisasi. Suatu organisasi yang tidak memiliki suatu tujuan, maka organisasi tersebut tidak akan memiliki arah. Tujuan dari organisasi itu sangatlah penting, dari tujuan ini maka akan mempengaruhi arah kembang dari pencapaian organisasi.

  • Visi /Misi
Visi/misi merupakan penerapan dari suatu tujuan organisasi. Visi dan misi dibuat dengan tujuan agar organisasi lebih terarah dan bisa mencapai visi dan misi yang sudah dibuat dikemudian hari. Tanpa ada nya visi dan misi organisasi akan menjadi tidak terarah. Buatlah visi dan misi yang membangun dan memotivasi untuk mencapainyai.
  • Planing
Buat lah planing di setiap kegiatan dalam organisasi tersebut. Plan yang baik akan menjadi bahan pertimbangan kemajuan dari organisasi esport. Setiap plan harus memiliki tujuan terbaik yang harus capai. Plan juga membantu memudahkan setiap bidang agar tidak panik ketika ada kegiatan yang sudah direncanakan tetapi tidak di pertimbangkan hal yang harus dibutuhkan. Buat lah plan yang dapat menjadikan prestasi didalam timnya.
  • Pengelolaan/Sistem
Pengelolaan dari organisasi harus mempunyai orang-orang yang memiliki kompentensi didalamnya. Orang yang sufah terbiasa didalam dunia organisasi dan memiliki kemampuan untuk mengurus serta paham dengan arah organisasi yang dibuat. Pengelolaan yang terarah akan membuat organisasi menjadi baik.
  • Komitmen
Komitmen harus ada dalam organisasi. Hal ini bertujuan agar setiap anggota organisasi bisa memiliki kesatuan satu sama lain. Komitmen yang tinggi antar anggota bisa menjadi motivasi agar organisasi terus berjalan sesuai dengan tujuan dari organisasi.
  • Struktur
Struktur harus dibutuhkan didalam organisasi. Apa lagi organisasi esport ini memiliki anggota yang bisa dibilang cukup banyak dengan berbagai tim yang ada didalamnya. Terbentuk nya struktur organisasi akan membentuk organisasi tersebut menjadi lebih tertata dan dapat mengontrol setiap kegiatan yang ada di setiap bidangnya. Buat lah struktur yang dibutuhkan oleh organisasi. Hal ini akan mengefektifkan kebutuhan didalam organisasi tersebut.
  • Pemimpin
Organisasi dibuat tanpa adanya seorang pemimpin itu akan percuma. Penting sekali adanya pemimpin yang bisa memimpin dan mengambil keputusan yang terbaik. Diperlukan pemimpin yang tegas agar setiap keputusan dapat diambil secara terbaik dan bisa diterima oleh semua anggotanya. Pemimpin yang baik ialah pemimpin yang mampu mengarahkan anggotanya untuk mengikuti perintahnya, dalam hal ini perintah yang bertujuan membangun. Pilihlah pemimpin yang mempunyai jiwa kepemimpin tinggi agar setiap keputusan yang dibuat bisa tegas dan sesuai dengan tujuan organisasi.
  • Tim Evaluasi
Tim Evaluasi perlu dibuat, hal ini bertujuan agar setiap setiap kegiatan yang sudah dilaksanakan dapat dievalusi apakah ada kekurangan didalamnya dan bisa untuk peningkatan kegiatan selanjutnya. Evaluasi juga dapat diterapkan setiap tim yang baru saja menyelesaikan turnamen, hal ini untuk evaluasi perbaikan yang bisa diterapkan didalam latihan rutin. Selain itu evaluasi bidang diterapkan disemua bidang yang sudah dibuat untuk meningkatkan kinerja setiap bidangnya.

  • Peraturan
Peraturan sangat lah penting dalam setiap organisasi. Jika organisasi tidak memiliki peraturan didalamnya, maka para pengurusnya akan semena-mena didalam organisasi tersebut. Disitu lah perlu adanya peraturan yang harus dibuat, agar para pengurus dapat disiplin, patuh, dan mengerti tentang peraturan-peraturan yang ada dalam suatu organisasi. Untuk pembuatan peraturan buatlah peraturan yang simple, dapat dimengerti, dam tidak merugikan pengurus dan organisasi.

Pentingnya memperhatikan apa yang dibutuhkan dalam pembuatan organisasi esport. Semakin solid antara anggota lain makan organisasi akan menjadi besar dan bahkan bisa terkenal.  Teruslah memperbaiki jika kalian sudah memiliki organisasi atau tim esport atau yang ingin membuat tim esport agar nantinya tidak mudah vakum atau bahkan bubar. Tetap semangat dan bentuk tim yang terbaik agar bisa menjadi tim yang terbaik.



Semoga bermanfaat



Thanks
Next Post Previous Post
Related Post
Tips